GMBI Dampingi Pelaporan Dugaan Penggelembungan Suara Sesama Caleg PAN Kota Bekasi Ke Bawaslu

Lukman Hakim didamping sejumlah Ketua DPC PAN tingkat kecamatan dan LSM GMBI Distrik Kota Bekasi saat melaporkan dugaan penggelembungan suara yang dilakukan sesama Caleg PAN, Abdul Muin Hafiedz ke Bawaslu Kota Bekasi, Senin (13/5/2024).
banner 120x600

Oleh Sihar Pardede

REAKSI BEKASI –  Calon legislatif (Caleg) Anggota  Dewan Perwkilan Rakyat  Daerah (DPRD ) Kota Bekasi Tahun 2024,  nomor urut dua dari  Partai Amanat Nasional (PAN) dapil dua  Bekasi Utara dan Medan Satria, Lukman Hakim melaporkan dugaan penggelembungan suara yang  dilakukan sesama Caleg PAN nomer 1 Abdul Muin Hafiedz  yang didamping sejumlah Ketua DPC PAN tingkat kecamatan dan LSM GMBI Distrik Kota Bekasi ke Bawaslu Kota Bekasi.

“Iya hari ini , Senin (13 /5/2024) saya melaporkan dugaan penggelembungan suara yang diduga dilakukan caleg nomer 1 pak Abdul Muin Hafied,” kata Lukman Hakim.

Pria yang akrab disapa bang Alex Ziblo ini mengaku, adanya caleg di dapil yang sama  utak atik suara yang ditemukan dari data C Hasil menunjukan terjadi di caleg internal PAN di dapil dua

“Iya, misalnya ada di satu TPS suara saya dapat 5 dan pak Muin kosong. Tapi di rekapitulasi kecamatan suara saya berkurang dan ternyata didistribusi ke pak Muin 1 suara dan caleg lainnya, 1 suara. Begitulah kira-kira metode pengurangan suara saya,” ujarnya.

“Saya cuma menegakan keadilan aja. Bagi saya menang kalah dalam sebuah kompetisi itu hal biasa. Asal dilakukan dengan cara-cara yang benar dan beradab. Jangan sampai menzolimi orang – orang,” ungkap Alex .

Saat ditanya, apakah langkah dirinya melaporkan ke Bawaslu Kota Bekasi sudah koordinasi dengan ketua DPD PAN Kota Bekasi H. Faturrahman Duata?.

“Sudah, saat acara halal bihalal PAN Kota Bekasi saya sampaikan ke pak Ketua (H.Fatur). Kalau dia sih selama kita punya bukti kuat dan siapapun yang dapat dia dukung jadi netral aja. Yang penting kursi PAN-nya aman,” tutur Alex.

Dirinya juga memastikan akan melaporkan kasus kecurangan di caleg internal tersebut ke Mahkamah Partai (MP) DPP PAN.

“Saya akan laporkan juga ke Mahkamah Partai. Bagi saya ini perjuangan yang harus saya tempuh untuk meraih kebenaran,” ujar Alex.

Di tempat terpisah pada hari yang sama, Delvin Chanigo selaku wakil Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (LSM GMBI) Distrik  Kota Bekasi mengatakan, dirinya akan mengawal sampai tuntas  laporan dugaan penggelembungan suara tersebut supaya terang benderang.

“Kami  meminta Bawaslu Kota Bekasi Bekerja  secara profesional dan transparan,” tegas Delvin. (***)

Loading

Editor: Editor1