Itjen Kemnaker Diminta Tingkatkan Inovasi Kegiatan Pengawasan

Photo bersama para pejabat dan staf Inspektorat Kemnaker saat Raker.
banner 120x600

Oleh Friendy Sianipar

REAKSI BOGOR – Salah satu langkah prioritas yang perlu dilakukan Auditor yakni peningkatan kinerja Tim Itjen, termasuk menemukan inovasi-inovasi dalam setiap kegiatan pengawasan. Oleh karena itu, Inspektorat Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan siap all out mengawal jalannya program dan kegiatan, baik program strategis maupun kegiatan rutin di lingkungan Kemnaker.

“Insan-insan auditor di Itjen harus profesional, mengerti semua masalah, serta harus paham kondisi dan aturan. Pola kerja pengawasannya juga harus mengandalkan pada pemanfaatan
teknologi informasi dan komunikasi, ” ujar Irjen Kemnaker Roni Dwi Susanto saat memberikan arahan pada Rapat Kerja bertema ‘ITJEN ready for the next level : Becoming Trusted Advisor and Professional Internal Audit’ di Bogor, Jawa Barat, Selasa (2/6/2024) malam.

Ia berharap melalui Raker Itjen 2024 dapat meningkatkan koordinasi, kolaborasi dan sinergi yang efektif dan efisien, serta dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan kegiatan Itjen 2024 mendatang.

“Jadikan Raker sebagai media internalisasi, ruang komunikasi, ruang untuk meningkatkan kapasitas, serta sebagai media apresiasi. Untuk itu, diharapkan peran aktif dari Bapak/Ibu dari jajaran Itjen, ” katanya.

Ia menambahkan langkah lain Itjen Kemnaker untuk mengawal program Kemnaker yaitu mereview perencanaan dan penganggaran tahun 2025 yang lebih tajam dengan prinsip Efektif, Efisien, dan Ekonomis (3E), Taat (Trust), dan Kebermanfaatan. Review lainnya Rencana Kerja dan Anggaran Kemnaker; Pengawasan pengadaan Barang/Jasa (PBJ), dan pemantauan PBJ serta pemantauan penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK maupun Itjen.

“Tujuan Raker Itjen selain memberikan informasi metode dan kebijakan pengawasan, juga menjalin sinergitas di lingkungan Itjen dan koordinasi yang efektif dengan satuan kerja sebagai mitra kerja dalam pelaksanaan program dan kegiatan bidang ketenagakerjaan, ” kata Roni. (***)

Loading

Editor: 1