Kecamatan Kebayoran Baru Panen Sayuran Hidroponik di Kawasan Terminal Blok M

banner 120x600

Oleh Joni/Erik

REAKSI JAKARTA – Aparatur Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Administrasi Jakarta Selatan, panen sayuran hidroponik, yang diselenggarakan oleh Pokja III, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Melawai, di Urban Farming Kawasan Terminal Blok M, Selasa (30/1/2024).

Sekretaris Camat Kebayoran Baru, Guguk Trirahayu mengatakan, menanam sayuran dengan sistem hidroponik di Kelurahan Melawai ini, bisa menjadi contoh bagi Kelurahan lain, mengingat hasilnya dapat dimanfaatkan warga sekitar, sekaligus bisa menjadi penghijauan di tengah Kota Jakarta.

“Ini bisa dicontoh, dengan lahan yang sedikit, tapi bisa menghasilkan sesuatu yang dapat bermanfaat untuk masyarakat sekitar, dari hasil panen tanaman dan peternakan ikan juga,” tuturnya.

Ia menuturkan, urban farming dilakukan di atas lahan seluas kurang lebih 200 meter persegi, dan telah menghasilkan banyak sayuran, seperti Pakcoy, Seledri, Kangkung, Selada, Cabai. Selain itu ada juga pisang dan peternakan ikan.

“Lahan ini dulunya kumuh di kawasan Terminal Blok M, sekarang dimanfaatkan urban farming. Karena tidak hanya untuk penghijauan, tetapi juga bisa menjadi manfaat bagi warga sekitar dengan hasil panennya,” tuturnya. (***)

Loading

Editor: Editor 1