Menaker Ida Kunjungi Shanghai International Training Center

Rombongan Kemnaker berkunjung ke Shanghai International Training Center (SITC)
banner 120x600

Oleh Friendy Sianipar

REAKSI JAKARTA – Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, mengunjungi Shanghai International Training Center (SITC) di sela-sela kunjungan kerja ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Ada beberapa potensi kerja sama akan dilakukan Kementerian Ketenagakerjaan dengan SITC.

“Kerja sama akan kita lakukan dengan SITC, terutama untuk pelatihan berbasis kompetensi di BPVP, BLK, LPS dan BLK Komunitas,” kata Ida Fauziyah melalui Siaran Pers Biro Humas, Senin (8/7/2024).

Ia menambahkan beberapa potensi kerja yang akan dilakukan Kemnaker dengan SITC yakni dukungan pengembangan UPTP BPVP; training of Trainers bagi instruktur di UPTP; dan pelatihan manajemen Training Center bagi tenaga pelatihan di UPTP BPVP. Kerja sama lainnya yaitu Benchmarking kemitraan Training Center dengan dunia industri; dan Benchmarking manajemen mutu di Training Center; serta Asistensi teknis dalam pengembangan program pelatihan vokasi.

Menurut Ida, kerja sama tersebut bertujuan agar Indonesia dapat memetik manfaat maksimal dari bonus demografi seperti RRT.

“Maka ketersediaan SDM èusia produktif yang melimpah harus diimbangi peningkatan kualitas SDM dalam menghadapi keterbukaan dan perubahan pasar tenaga kerja,” ujarnya.

Secara terpisah, Sekjen Kemnaker, Anwar Sanusi, juga berkunjung ke Pusat Pelatihan Umum Pengantar Tiongkok di Shanghai, RRT, untuk Bakat Berketerampilan Tinggi. Pusat Pelatihan ini berperan aktif melayani pelatihan praktis kota, sertifikasi kualifikasi kejuruan, kompetisi keterampilan, dan pertukaran pengalaman serta mendorong pembangunan tim yang terdiri dari talenta-talenta berketerampilan tinggi.

“Pusat pelatihan ini telah menerima total lebih dari 7 juta pengunjung dari seluruh dunia,” ujar Anwar Sanusi.

Implementasi dari kunjungan kerja ini diharapkan dapat terwujud dan memberikan manfaat yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia, khususnya angkatan kerja. (***)

Loading

Editor: 1