Polteknaker  Harus Dijadikan Sebagai Jawaban Tantangan Ketenagakerjaan

Menaker Ida Fauziah bersama Wamen Afriansyah Noor dan Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi memotong pita dalam peresmian Gedung Pusat Administrasi dan Aula Serbaguna "Tridharma" Polteknaker.
banner 120x600

REAKSI JAKARTA – Politeknik Ketenagakerjaan (Polteknaker) diminta mampuĀ  menjawab tantangan ketenagakerjaan dengan cara melaksanakan pendidikan mismatch antara supply dan demand pasar kerja.

Menaker Ida Fauziah mengatakan itu saat meresmikan Gedung Pusat Administrasi dan Aula Serbaguna “Tridharma” Polteknaker di Jakarta, Rabu (14/12/2022).

Ida menyebutkan, profil angkatan kerja Indonesia saat ini masih didominasi lulusan SMP ke bawah yang mencapai 56%. Di sisi lain, mayoritas pengangguran justru didominasi oleh profil pendidikan yang lebih baik (SMA, SMK, diploma, hingga sarjana). Kondisi ini menurutnya disebabkan oleh mismatch ketenagakerjaan.

“Poltenaker ini hadir untuk menjawab itu, kebutuhan link and match, mengurangi semaksimal mungkin adanya mismatch, sehingga semakin ke sini kita bisa mengatakan bahwa output lembaga pendidikan tinggi semakin sesuai dengan kebutuhan pasar kerja,” katanya.

Ia berpesan kepada Direktur Polteknaker dan jajaran agar fasilitas yang dibangun dikelola secara profesional. Di antaranya dengan menyediakan SDM kompeten dalam mengelola seluruh fasilitas yang ada.

“Kementerian Ketenagakerjaan terus berkomitmen menjadikan Polteknaker ini melahirkan tenaga kerja kompeten yang sesuai pasar kerja. Termasuk di antaranya dukungan fasilitas dan infrastrukturnya,” katanya.

Sekretaris Jenderal Kemnaker, Anwar Sanusi, menambahkan, pembangunan gedung Pusat Administrasi dan Serbaguna ini bertujuan melengkapi berbagai fasilitas Polteknaker, sehingga  benar-benar dapat menghadirkan layanan maksimal dalam hal layanan pendidikan, layanan penelitian, hingga layanan pengabdian masyarakat.

“Melalui SDM yang kuat, kelembagaan dan cara kerja yang efisien dapat membawa kita untuk menjadi institusi yang modern, berkualitas, dan semakin maju,” ujarnya.

Polteknaker merupakan perguruan tinggi vokasi di bawah naungan Kemnaker yang memiliki 3 (tiga) Program Studi yaitu D-IV Relasi Industri, D-IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dan D-III Manajemen Sumber Daya Manusia.

Tercatat ada 330 mahasiswa aktif mengikuti perkuliahan tatap muka di Kampus yang berlokasi di Jalan Pengantin Ali Nomor 71A, Ciracas, Jakarta Timur.

Loading

Penulis: Friendy SianiparEditor: Editor2