Tim Gabungan Polsek Siborongborong dan Sat Reskrim Polres Taput Ringkus Tersangka  Curanmor

Tersangka pelaku curanmor
banner 120x600

Oleh Marudut Nababan

REAKSI TAPUT-  Pria yang masih berusia ( 16 ) warga Kabupaten Toba, berhasil diringkus tim gabungan Sat Reskrim Polres Taput dan sat reskrim Polsek Siborongborong  atas perbuatanya melakukan pencurian sepeda motor, Selasa, 26/3/2024.

Penangkapan tersangka dibenarkan  Kapolsek Siborongborong AKP M. Suit D. Purba, S.H, M.H saat dikonfirmasi wartawan, Kamis, 28/3/2024.

Suit menguraikan, penangkapan tersangka dilakukan atas laporan korban Lindung PH Sihombing di Polsek Siborongborong, Kamis, 21/3/2024, dimana korban telah kehilangan 1 unit sepeda motor jenis Yamaha N-Max saat parkir di penginapan Lindung INN,  Jalan Bandara Silangit,  Desa Parik Sabungan, kecamatan  Siborongborong,Taput.

Setelah dilakukan penyelidikan, salah seorang saksi yang merupakan karyawan penginapan atas nama Flagucia Ronaldo Manurung menjelaskan, saat itu sepeda motor tersebut di parkir di depan penginapan karena itu adalah inventaris penginapan diperentukkan untuk kepentingan para karyawan.

Sekitar pukul 23.00 wib malam itu, saksi tidur. Pada pukul 04.00 wib pagi hari, saksi terbangun dan melihat sepeda motor sudah hilang.

Lalu saksi mencek CCTV penginapan, terpantaulah dengan jelas wajah pelaku saat mencuri sepeda motor  tersebut. Selanjutnya korban melapor.

Dari hasil keterangan saksi dan bukti CCTV yang diperoleh kepolisian sehingga melacak posisi pelaku.

Pada Selasa, 26/ 3/ 2024 tersangka dan barang buktinya ditemukan di Kecamatan Balige lalu dilakukanlah penangkapan.

Setelah diperiksa, pelaku mengakui perbuatanya. Pelaku menjelaskan, mereka melakukan pencurian tetsebut bersama 1 temanya yang ber nama Yosua Alecxander Sitohang ( 21 ) warga Desa Pardamean,  Dusun IV,  Tanjung Morawa,  Deli Serdang.

Dirinya bersama temanya datang dari Balige ke Silangit sengaja untuk memantau sepeda motor yang layak untuk di curi sehingga sudah mempersiapkan segala kunci- kunci dan alat-alat yang diperlukan.

Saat pelaku ditangkap, sepeda motor tersebut belum dijual dan masih digunakan untuk  mencari target yang lain.

Sedangkan temannya sempat melarikan diri dan saat ini masih dalam pengejaran.

Pelaku sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan dengan menerapkan Pasal 363 ayat (1) ke-3e, 4e KUHPidana dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (***)

Loading

Editor: Editor 1